Apa itu Behel Damon & Mengapa Harganya Mahal

behel damon

Ingin pasang behel tapi khawatir dengan penampilannya yang kurang estetik dan juga bikin ga nyaman? Behel Damon solusinya. Behel jenis ini bisa menjadi alternatif kamu untuk merapikan gigi dengan lebih efisien dan estetis dibandingkan dengan behel tradisional. Tapi, tahukah kamu bahwa jenis behel ini memiliki harga yang fantastis? Nah, dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas tentang Damon Braces, mulai dari keunggulannya hingga alasan di balik harganya yang premium.

Bagi Anda yang tengah mempertimbangkan perawatan ortodonti, informasi ini bisa menjadi pertimbangan penting. Mari kita jelajahi bersama, mengapa Damon Clear Braces menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan meski dengan investasi yang lebih besar.

Apa itu Behel Damon Clear

Behel Damon adalah sebuah sistem perawatan ortodonti yang inovatif dan berbeda dari braces tradisional. Sistem ini menggunakan bracket stainless steel, keramik, dan polycarbonat dan kawat khusus yang bekerja bersama untuk memindahkan gigi secara lebih cepat dan nyaman. Salah satu kelebihan utama dari Behel Damon adalah desain self-ligating-nya, yang artinya bracket tidak memerlukan karet elastis atau ligatur untuk menahan kawat. Hal ini mengurangi gesekan antara kawat dan bracket, sehingga pergerakan gigi menjadi lebih lembut dan efisien.

Selain itu, Behel Damon juga dirancang untuk memberikan hasil yang lebih estetis, terutama dengan versi Damon Clear yang memiliki bracket transparan. Sistem ini tidak hanya berfokus pada perataan gigi, tetapi juga pada profil wajah secara keseluruhan, memberikan hasil yang lebih harmonis dan alami. Karena banyak faktor di atas, Behel jenis ini sering menjadi pilihan bagi mereka yang mencari perawatan ortodonti yang lebih nyaman, efektif, dan estetis.

Jenis-Jenis Behel Damon

Behel damon ini terdiri dari 2 jenis, damon clear dan damon quantum atau metal. Masing-masing jenis memiliki fungsi yang sama, hanya saja perbedaannya terletak di preferensi estetika penggunanya. Mungkin ada yang menyukai kawat gigi dengan tampilan yang jelas dan ada juga yang memiliki preferensi braket yang transparan. Untuk mengetahui lebih lanjut perbedaan diantara keduanya, mari simak penjelasan di bawah.

Damon Quantum / Metal

Damon Quantum merupakan generasi selanjutnya dari sistem bracket Damon. Behel ini memiliki desain yang lebih kecil dibandingkan jenis Damon lainnya, memberikan estetika yang lebih rapi. Sistem Damon Quantum disempurnakan untuk memberikan hasil yang maksimal dalam waktu yang lebih cepat. Ini berkat teknologi self-ligating yang memungkinkan gerakan gigi lebih efisien dan minim rasa sakit selama perawatan.

Damon Clear

Damon Clear, di sisi lain, adalah tipe transparan dari sistem Damon Quantum. Behel ini juga menggunakan sistem self-ligating, tetapi fokus utamanya adalah pada estetika. Damon Clear dirancang untuk hampir tidak terlihat, berkat warnanya yang bening. Ini menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang menginginkan perawatan ortodontik yang lebih diskrit. Damon Clear terbuat dari bahan keramik yang kuat dan tidak mudah patah, serta warnanya yang tidak mudah berubah menjadi kuning. Ini menawarkan kenyamanan yang lebih baik dan minim rasa sakit karena tidak menggunakan karet elastis seperti behel konvensional.

Kelebihan Behel Damon Dibandingkan Behel Tradisional

Kita sudah membahas sedikit dari berbagai kelebihan yang dimiliki oleh behel damon ini. Untuk mengetahui lebih lanjut kelebihan behel damon dibandingkan dengan behel tradisional, yuk pelajari apa saja kelebihan dari behel jenis ini.

Minim Rasa Sakit

Salah satu keunggulan terbesar Behel Damon adalah sistem ‘self-ligating’ . Sistem ini memungkinkan kawat gigi bergerak lebih bebas, mengurangi gesekan dan tekanan pada gigi. Ini berarti bahwa saat gigi bergerak ke posisi yang diinginkan, tekanan yang dirasakan oleh pasien jauh lebih rendah dibandingkan dengan behel tradisional. Sistem ini juga tidak memerlukan karet gigi, yang seringkali menyebabkan ketidaknyamanan pada behel konvensional​​​​.

Kunjungan ke Dokter Gigi Lebih Sedikit

Kelebihan lain dari Behel Damon adalah frekuensi kunjungan ke dokter gigi yang lebih sedikit. Dalam perawatan behel konvensional, pasien biasanya harus mengunjungi dokter gigi setiap 3-4 minggu untuk penyesuaian. Namun, dengan Behel Damon, kunjungan bisa dilakukan setiap 8-10 minggu. Ini sangat menguntungkan bagi pasien yang memiliki jadwal padat atau bagi mereka yang tinggal jauh dari klinik ortodonti​​​​.

Jangka Waktu Pemakaian Lebih Cepat

Behel Damon menawarkan waktu perawatan yang lebih singkat dibandingkan dengan behel tradisional. Pemakaian behel Damon rata-rata lebih cepat sekitar 7,2 bulan. Kecepatan ini bermanfaat bagi pasien yang ingin melihat hasil perawatan dalam waktu yang lebih singkat, yang juga berarti biaya keseluruhan bisa lebih rendah karena memerlukan kunjungan yang lebih sedikit​​​​.

Tidak Perlu Pencabutan Gigi

Di beberapa kasus pasang behel gigi, terkadang dokter perlu mencabut gigi pasien. Hal ini bertujuan untuk menciptakan ruang gerak untuk gigi pasien. Nah, dengan behel Damon kamu tidak perlu melakukan pencabutan gigi kamu yang masih sehat. Hal ini karena Behel Damon menggunakan teknik yang memungkinkan gigi bergerak secara alami dan efisien tanpa harus membuat ruang tambahan melalui pencabutan.

Kebersihan Gigi Terjaga

Karena struktur behel yang lebih ringkas dan kurangnya penggunaan karet elastis, pasien dapat lebih mudah membersihkan gigi dan gusi mereka. Hal ini mengurangi risiko pembentukan plak dan karang gigi, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan gigi dan mulut di masa depan. Menjaga kebersihan mulut yang baik selama perawatan ortodonti sangat penting untuk mencegah masalah seperti gigi berlubang dan penyakit gusi​​​​.

Kekurangan Behel Damon

Di setiap kelebihan pasti ada juga kekurangannya. Jadi, apa saja kekurangan behel damon di tengah manfaat yang begitu menggiurkan.

  • Biaya Lebih Tinggi: Behel Damon umumnya memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis behel tradisional. Hal ini dikarenakan teknologi yang digunakan lebih canggih dan estetika yang lebih baik.
  • Ketidaknyamanan Awal: Meskipun Behel Damon diklaim lebih nyaman, beberapa pasien mungkin mengalami ketidaknyamanan pada awal pemakaian. Ini bisa termasuk rasa sakit ringan atau ketidaknyamanan saat gigi mulai beradaptasi dengan behel.
  • Perawatan dan Pembersihan: Sama seperti behel lainnya, Behel Damon memerlukan perawatan rutin dan kebersihan mulut yang baik. Ini termasuk pembersihan rutin untuk menghindari penumpukan plak dan masalah gigi lainnya.

Berapa Biaya Behel Damon di Klinik OMDC

Nah, buat kamu yang tertarik untuk pasang behel Damon dan ingin tahu kira-kira berapa sih biaya pasang behel Damon, kita akan memberikan gambaran luasnya. Di OMDC, kamu bisa memilih antara behel Damon Quantum atau metal dengan harga sekitar Rp. 23.000.000. Jika kamu menginginkan opsi yang lebih estetis dengan bracket transparan, Damon Clear bisa menjadi pilihanmu dengan harga sekitar Rp. 28.000.000.

Biaya tersebut sudah termasuk dengan Orthokit yang diperlukan dalam perawatan. Orthokit ini biasanya berisi alat-alat yang digunakan untuk merawat dan menjaga kebersihan behel selama masa perawatan, seperti sikat khusus untuk behel, wax, dan lain-lain. Selain itu, biaya ini juga sudah mencakup konsultasi rutin dan penyesuaian behel yang dilakukan secara berkala.

Sudah siap pasang behel yang estetik? Buat janji dengan dokter di OMDC melalui website atau kunjungi klinik gigi OMDC terdekat di kota kamu! See you soon!

Leave a Reply