Prosedur dan Biaya Perawatan Saluran Akar – Informasi Lengkap

perawatan saluran akar gigi

Sering kali, kita mengabaikan sakit gigi yang terjadi dan hanya mengatasinya dengan obat pereda rasa sakit. Namun, tahukah Anda bahwa hal ini bisa berujung pada kerusakan yang lebih serius? Di sini, perawatan saluran akar gigi (PSA) menjadi penting. Prosesnya, yang dilakukan oleh dokter gigi spesialis endodontis, bertujuan untuk menghilangkan bagian dalam gigi yang terinfeksi atau rusak, kemudian membersihkan, mengisi, dan menyegel area tersebut.

Tidak perlu takut, prosedur ini umumnya aman dan tidak menimbulkan rasa sakit. Dengan memahami lebih lanjut tentang manfaat dan prosedurnya, kita bisa lebih siap dan tenang jika suatu hari memerlukan perawatan ini. Ayo, mari kita telusuri lebih dalam tentang perawatan saluran akar gigi ini!

Apa itu Perawatan Saluran Akar Gigi

Perawatan Saluran Akar Gigi, dalam istilah medis, disebut endodontik. Tujuannya adalah untuk mengobati masalah yang terjadi di bagian dalam gigi, khususnya pada bagian pulpa – yang merupakan jaringan lunak di dalam gigi yang berisi saraf, pembuluh darah, dan jaringan penghubung.

Mengapa perawatan ini diperlukan? Biasanya, perawatan saluran akar gigi dilakukan ketika pulpa gigi terinfeksi atau mati. Infeksi atau kematian pulpa bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti karies gigi yang sangat dalam, trauma gigi, retaknya gigi, atau prosedur gigi berulang pada gigi yang sama. Ketika pulpa terinfeksi, bisa menyebabkan pembengkakan, sakit yang intens, dan bahkan abses.

Perawatan saluran akar sangat penting karena dapat menyelamatkan gigi yang seharusnya dicabut. Ini bukan hanya tentang menghilangkan rasa sakit, tapi juga tentang mempertahankan struktur gigi asli Anda.

Tanda-Tanda Kamu Perlu Melakukan Perawatan Saluran Akar

Perawatan saluran akar gigi, atau root canal, dianjurkan ketika terdapat infeksi atau peradangan pada pulpa gigi, yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk gigi berlubang atau cedera pada gigi. Ada beberapa indikasi khusus yang menandakan perlunya perawatan ini.

Pertama, nyeri gigi yang terus-menerus dan tidak kunjung hilang merupakan tanda umum. Ini bisa mencakup rasa sakit yang menyebar ke rahang, wajah, atau gigi lain. Kepekaan terhadap suhu panas dan dingin yang berkepanjangan juga menjadi indikator. Selain itu, pembengkakan pada gusi, munculnya benjolan nanah (abses gigi), perubahan warna gigi menjadi lebih gelap, serta nyeri ketika mengunyah atau tekanan pada gigi adalah gejala lainnya.

Gigi yang terkelupas atau retak, goyang, atau adanya daging tumbuh di lubang gigi (polip pulpa) juga menunjukkan perlunya perawatan saluran akar. Dalam beberapa kasus, gigi yang mengalami trauma dan berubah warna menjadi hitam kebiruan juga memerlukan perawatan ini, terutama jika gigi tersebut menjadi sangat sensitif terhadap suhu.

Waktu yang ideal untuk melakukan perawatan saluran akar adalah ketika awal gigi berlubang dan belum terasa sangat nyeri. Jika ada keluhan sakit, sebaiknya segera diperiksa dan tidak ditunda. Penundaan bisa menyebabkan gigi terus menerus sakit dan kondisinya semakin memburuk.

Prosedur Perawatan Saluran Akar Gigi

Prosedur perawatan saluran akar gigi, atau endodontik, adalah suatu tindakan medis yang dilakukan untuk menyelamatkan gigi yang rusak parah atau terinfeksi. Proses ini mencakup beberapa langkah utama untuk memperbaiki dan memulihkan gigi yang terkena.

  • Pemeriksaan Awal dan Foto Rontgen: Sebelum memulai prosedur, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan fisik pada gigi yang bermasalah dan mengambil foto Rontgen untuk melihat kondisi pulpa gigi serta seberapa parah infeksi atau peradangan yang terjadi​​.
  • Anestesi Lokal: Untuk mengurangi ketidaknyamanan selama prosedur, dokter akan memberikan bius lokal agar pasien tidak merasakan sakit​​​​.
  • Pemasangan Pelindung Karet: Sebuah pelindung karet atau dental dam akan ditempatkan di sekitar gigi untuk menjaga kebersihan dan mencegah kontaminasi dari air liur​​​​.
  • Pembuatan Lubang di Gigi: Langkah selanjutnya adalah membuat lubang kecil di gigi untuk mengakses pulpa yang terinfeksi atau meradang​​​​.
  • Pembersihan Saluran Akar: Dokter gigi akan membersihkan saluran akar dan menghilangkan jaringan yang terinfeksi menggunakan alat khusus serta larutan pembersih​​​​.
  • Penambalan Sementara dan Pemeriksaan Lanjutan: Setelah saluran akar dibersihkan, dokter akan menutupnya dengan tambalan sementara. Dalam beberapa hari hingga satu minggu, akan dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan tidak ada infeksi yang tersisa sebelum menutupnya secara permanen​​.
  • Penutupan Akhir dengan Tambalan atau Crown: Jika tidak ada infeksi yang tersisa, prosedur akan diakhiri dengan penambalan permanen atau pemasangan mahkota (crown) pada gigi yang telah dirawat​​.

Persiapan Perawatan Saluran Akar Gigi

Persiapan yang baik sebelum menjalani perawatan ini sangat penting untuk meningkatkan peluang keberhasilan perawatan.

Berikut adalah beberapa langkah persiapan yang bisa Anda lakukan:

  • Konsultasi dengan Dokter Gigi: Sebelum menjalani perawatan, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi. Ini membantu dalam menentukan kondisi gigi Anda, apakah membutuhkan perawatan saluran akar atau tidak. Dokter gigi juga akan memberikan rekomendasi mengenai obat yang perlu dikonsumsi, seperti antibiotik, untuk mengatasi peradangan dan infeksi sebelum perawatan.
  • Rontgen: Pemeriksaan rontgen sangat penting untuk menilai kondisi akar gigi. Hasil rontgen akan memberikan gambaran yang jelas mengenai kondisi akar, membantu dokter gigi dalam menentukan tahapan perawatan, serta memastikan bahwa prosedur dapat dilakukan dengan tepat.
  • Hindari Merokok dan Alkohol: Sebaiknya hindari merokok dan konsumsi alkohol sebelum perawatan. Kebiasaan ini dapat mempengaruhi ambang batas nyeri dan pertumbuhan bakteri, yang bisa mengganggu proses pembersihan bakteri pada saluran akar.
  • Istirahat yang Cukup: Mendapatkan istirahat yang cukup sebelum perawatan akan membantu Anda merasa lebih nyaman selama prosedur. Perawatan saluran akar bisa memakan waktu yang lama dan memerlukan Anda untuk membuka mulut untuk durasi yang cukup panjang.

Selain itu, terdapat beberapa persiapan umum yang juga perlu diperhatikan:

  • Obat Pereda Rasa Sakit: Informasikan kepada dokter tentang obat-obatan yang Anda konsumsi. Menghindari penggunaan aspirin 10 hari sebelum perawatan dan obat penghilang rasa sakit tepat sebelum perawatan juga disarankan.
  • Makan Sebelum Perawatan: Anda bisa makan besar atau sekedar ngemil sebelum perawatan jika dibius lokal. Setelah perawatan, pilih makanan lunak.

Efek Samping PSA

Perawatan saluran akar gigi umumnya merupakan prosedur yang aman dan efektif, dengan tingkat keberhasilan tinggi. Sekitar 90% kasus gigi dapat bertahan hingga 10 tahun setelah perawatan. Namun, seperti semua prosedur medis, terdapat potensi efek samping dan komplikasi yang perlu Anda ketahui.

Efek samping yang umum terjadi setelah perawatan saluran akar gigi antara lain:

  • Sensitivitas gigi terhadap suhu panas dan dingin: Ini biasanya bersifat sementara dan akan mereda seiring waktu.
  • Nyeri atau rasa tidak nyaman: Setelah efek bius lokal hilang, Anda mungkin merasakan nyeri atau ketidaknyamanan di sekitar gigi yang diobati. Ini umumnya normal dan biasanya mereda dalam 1-2 hari. Dokter gigi Anda mungkin akan meresepkan obat penghilang nyeri untuk membantu mengatasi hal ini.
  • Perubahan warna gigi: Gigi yang telah menjalani perawatan saluran akar bisa berubah menjadi lebih gelap.
  • Gusi bengkak atau muncul benjolan di gusi: Ini mungkin menandakan adanya infeksi.
  • Gigi goyang atau patah: Hal ini bisa terjadi jika struktur gigi melemah.

Komplikasi yang mungkin terjadi termasuk infeksi berulang karena pulpa yang tidak bersih atau adanya saluran akar yang tersembunyi, jarum endodonti yang menusuk atau menembus terlalu dalam, dan retakan akar gigi yang tidak terdeteksi.

Biaya Perawatan Saluran Akar

Biaya PSA bisa bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi dan jenis klinik atau rumah sakit, tingkat keparahan kasus, dan dokter gigi yang menangani. Secara umum, biaya perawatan ini berkisar dari Rp 200.000 hingga lebih dari Rp 1.500.000.

Di klinik OMDC sendiri, biaya PSA untuk anak dimulai dari harga Rp. 939.000. Namun, biaya bisa lebih tinggi tergantung tingkat keparahan dan kompleksitas kondisi gigi kamu. Jadi sebaiknya kamu kunjungi klinik gigi OMDC terdekat di kota kamu dan konsultasikan kondisi gigi kamu. Oh iya, sekarang kamu juga sudah bisa tanya-tanya melalui platform online kami, baik sosial media atau website. Yuk, lakukan perawatan yang sesuai dengan kondisi gigi kamu di klinik OMDC!

Leave a Reply