Bagaimana Prosedur Scaling Gigi dan Berapa Biayanya

senyuman setelah prosedur scaling gigi

Banyak yang mungkin langsung membayangkan proses yang rumit atau bahkan menakutkan ketika mendengar tentang prosedur scaling gigi. Tapi tenang, nggak seseram itu, kok! Scaling gigi adalah proses pembersihan profesional yang dilakukan untuk menghilangkan plak dan tartar yang menumpuk di gigi kita. Ini penting, loh, karena plak dan tartar ini bisa jadi biang kerok masalah gigi dan gusi yang lebih serius kalau dibiarkan.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas tentang prosedur scaling gigi. Kita akan bahas mulai dari apa itu scaling gigi, kenapa prosedur ini penting, sampai apa yang perlu kamu siapkan sebelum melakukan prosedur scaling gigi. Jadi, yuk, simak terus biar kamu jadi lebih paham dan siap kalau suatu saat perlu melakukan scaling gigi!

Mengapa Scaling Gigi itu Penting?

Kenapa sih dokter gigi sering menyarankan untuk melakukan prosedur scaling gigi? Mari kita bahas alasan pentingnya scaling gigi untuk kesehatan mulut kita.

Pertama, prosedur scaling gigi itu penting untuk menjaga kebersihan mulut. Proses ini bukan hanya tentang membersihkan gigi, tapi juga mengangkat plak dan tartar yang telah menumpuk. Plak, yang merupakan kumpulan dari sisa makanan dan bakteri, jika tidak dibersihkan bisa mengeras menjadi tartar. Tartar ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan sikat gigi biasa, lho.

Kedua, dengan melakukan prosedur scaling gigi, kita bisa mencegah penyakit gusi. Gusi yang meradang atau berdarah saat menyikat gigi bisa jadi tanda awal penyakit gusi, yang dikenal sebagai gingivitis. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa berkembang menjadi periodontitis, yaitu infeksi serius yang bisa merusak jaringan dan tulang yang menopang gigi. Scaling secara teratur membantu mencegah kondisi ini.

Ketiga, untuk menjaga napas segar. Tartar dan plak yang menumpuk tidak hanya berbahaya untuk gusi, tapi juga bisa menyebabkan bau mulut. Dengan prosedur scaling gigi, kita bisa menjaga napas tetap segar dan meningkatkan kepercayaan diri.

Terakhir, scaling gigi membantu menjaga kesehatan gigi jangka panjang. Dengan rutin melakukan prosedur scaling, kita bisa mengurangi risiko kerusakan gigi, infeksi, dan komplikasi lainnya. Plus, ini juga bisa menghemat biaya perawatan gigi di masa depan karena mencegah masalah yang lebih serius.

Kapan Kamu Perlu Melakukan Prosedur Scaling Gigi

Ketika kita berbicara tentang prosedur scaling gigi, mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya, “Apakah saya termasuk orang yang membutuhkannya?” Mari kita bahas siapa saja yang sebenarnya membutuhkan prosedur ini.

Pertama-tama, scaling gigi bukan hanya untuk mereka yang memiliki masalah gigi serius. Sebenarnya, hampir semua orang bisa mendapatkan manfaat dari prosedur scaling gigi. Namun, ada beberapa kondisi khusus di mana prosedur ini menjadi sangat penting:

  • Penderita Penyakit Gusi: Jika kamu memiliki gejala penyakit gusi, seperti gusi yang mudah berdarah, merah, atau bengkak, prosedur scaling gigi mungkin sangat dibutuhkan. Penyakit gusi ini biasanya disebabkan oleh plak dan tartar yang menumpuk dan tidak dibersihkan dengan baik.
  • Tartar yang Terlihat: Beberapa orang mungkin menyadari adanya endapan keras di gigi mereka, yang dikenal sebagai tartar atau karang gigi. Ini adalah plak yang mengeras dan tidak bisa dibersihkan hanya dengan sikat gigi biasa. Jika kamu melihat ini, waktunya untuk prosedur scaling!
  • Napas Tidak Segar: Masalah napas yang tidak segar terus-menerus, meskipun sudah menyikat gigi dan menggunakan obat kumur, bisa jadi pertanda adanya masalah gigi atau gusi yang lebih serius. Proses scaling bisa membantu membersihkan sumber masalah.
  • Gigi Sensitif dan Berlubang: Jika kamu mulai merasa gigi sensitif terhadap suhu dingin atau panas, atau jika kamu memiliki gigi berlubang, ini bisa jadi tanda plak dan tartar mempengaruhi kesehatan gigimu.
  • Sudah Lama Tidak ke Dokter Gigi: Jika kamu termasuk orang yang jarang sekali melakukan pemeriksaan gigi, kemungkinan besar kamu membutuhkan prosedur scaling gigi. Ini karena, seiring waktu, plak dan tartar akan menumpuk tanpa kamu sadari.

Nah, jika kamu merasa termasuk dalam salah satu kategori di atas, mungkin inilah saatnya untuk mempertimbangkan melakukan scaling gigi.

Persiapan Sebelum Melakukan Scaling Gigi

Oke, jika kamu merasa kamu harus melakukan prosedur scaling gigi, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Persiapan ini penting untuk memastikan prosedur scaling gigi berjalan lancar dan efektif. Yuk, kita bahas apa saja yang harus kamu lakukan!

  • Konsultasi dengan Dokter Gigi: Langkah pertama dan yang paling penting dalam prosedur scaling gigi adalah berkonsultasi dengan dokter gigi kamu. Dalam konsultasi ini, dokter akan memeriksa kondisi gigi dan gusi kamu, serta membahas riwayat kesehatan mulutmu. Jangan lupa untuk memberitahu dokter jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.
  • Menjaga Kebersihan Mulut: Meski kamu akan melakukan scaling gigi, menjaga kebersihan mulut sebelum prosedur tetap penting. Sikat gigi dan flossing harus tetap dilakukan rutin. Ini akan membantu dokter gigi dalam melakukan pembersihan lebih efektif saat prosedur scaling gigi.
  • Makan Sebelum Perawatan: Kadang, setelah prosedur scaling gigi, kamu mungkin merasa tidak nyaman untuk makan selama beberapa jam. Jadi, sebaiknya makanlah terlebih dahulu sebelum pergi ke dokter gigi.
  • Hindari Merokok: Jika kamu merokok, usahakan untuk menghindarinya sebelum melakukan prosedur scaling gigi. Merokok bisa menyebabkan gusi menjadi lebih sensitif dan memperlambat proses penyembuhan pasca scaling.
  • Atur Jadwal yang Nyaman: Pilih waktu untuk prosedur scaling gigi di saat kamu tidak terburu-buru atau di bawah tekanan. Memilih waktu yang tepat akan membuatmu lebih rileks selama prosedur scaling gigi.
  • Diskusikan Kekhawatiranmu: Jika kamu memiliki kekhawatiran atau ketakutan terkait prosedur scaling gigi, jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter gigi. Mereka akan memberikan penjelasan dan solusi untuk mengurangi kecemasanmu.
  • Pembiayaan dan Asuransi: Pastikan juga kamu sudah memahami tentang biaya yang akan dikeluarkan untuk prosedur scaling gigi dan cek apakah prosedur ini ditanggung oleh asuransi kesehatanmu.
  • Persiapan Mental: Terakhir, persiapkan dirimu secara mental. Ingat, scaling gigi adalah prosedur yang rutin dan bermanfaat untuk kesehatan mulutmu. Jadi, tidak perlu terlalu khawatir!

Jadi, scaling gigi bukan hanya soal estetika, tapi juga tentang menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan. Ingat, gigi yang sehat adalah bagian penting dari kesehatan tubuh secara umum.

Prosedur Scaling Gigi

  • Pemeriksaan Gigi dan Pemberian Anestesi Lokal Jika Diperlukan: Pertama, dokter gigi akan memeriksa kondisi karang gigi pasien menggunakan alat kaca mulut untuk melihat seluruh bagian gigi​​. Walaupun scaling tidak memerlukan anestesi, tetapi dalam kasus tertentu, anestesi lokal diberikan untuk mengendalikan rasa sakit dan perdarahan, terutama jika karang gigi sangat tebal atau tumbuh masuk ke dalam saku gusi​​.
  • Pembersihan Karang Gigi: Menggunakan alat scaler ultrasonik, karang gigi dibersihkan dengan getaran yang merontokkan plak dan karang gigi. Alat ini juga memancarkan air untuk membantu mendinginkan area yang dikerjakan dan meluruhkan karang gigi. Pasien mungkin perlu berkumur untuk mengeluarkan kotoran​​.
  • Pemolesan: Setelah scaling, dilakukan pemolesan menggunakan brush dan pasta ber-fluoride untuk menghilangkan sisa plak dan karang gigi, memperkuat lapisan gigi, dan membuat gigi tampak lebih cerah​​.
  • Membilas: Pasien akan membilas mulut dengan cairan kumur yang mengandung fluoride atau menggunakan air mineral​​.
  • Instruksi Pasca-Scaling: Dokter gigi memberikan instruksi untuk perawatan gigi di rumah, termasuk teknik menyikat gigi yang benar, mengurangi makanan manis, dan memperbanyak buah yang berserat. Jadwal scaling berikutnya juga ditentukan, dengan frekuensi yang berbeda bagi perokok dan non-perokok​​.

Biaya dan Pertimbangan BPJS untuk Scaling Gigi

Nah, sekarang kita sampai pada bagian yang sering kali menjadi pertanyaan besar: “Berapa sih biaya untuk scaling gigi ini?” dan “Apakah ditanggung oleh BPJS?” Yuk, mari kita bahas.

Pertama, mari kita bicara soal biaya. Di Indonesia, biaya scaling gigi biasanya berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 500.000, tergantung pada praktik dokter gigi dan fasilitas klinik atau rumah sakit tempat prosedur dilakukan​​. Biaya ini bisa berbeda-beda tergantung lokasi dan kompleksitas prosedur yang diperlukan.

Sekarang, bagaimana dengan peran BPJS Kesehatan dalam menanggung biaya scaling gigi? Ini menjadi pertanyaan yang sering diajukan oleh banyak orang. BPJS Kesehatan menanggung biaya scaling gigi hanya pada kondisi medis tertentu, seperti pada kasus gingivitis (radang gusi) akut. Ini berarti bahwa scaling gigi akan ditanggung jika ada indikasi medis yang jelas seperti ini​​​​.

Dan juga BPJS Kesehatan menanggung biaya prosedur scaling gigi ini, tetapi hanya sekali dalam setahun. Ini berarti jika kamu perlu melakukan scaling gigi lebih dari sekali dalam setahun, hanya satu prosedur yang akan ditanggung oleh BPJS​​.

Leave a Reply