Silver Diamine Fluoride (SDF), Solusi Baru Tambal Gigi untuk Menutupi Gigi Berlubang

Pemasangan Silver Diamine Fluoride (SDF)

Silver Diamine Fluoride (SDF) merupakan obat topikal yang digunakan untuk mengobati dan mencegah karies gigi (lubang gigi) serta mengurangi sensitivitas dentin. Cara kerjanya unik karena menggabungkan kemampuan fluoride untuk remineralisasi gigi dengan sifat antibakteri dari perak. Kelebihannya, SDF mudah dan tidak menyakitkan saat diaplikasikan, serta dapat menghindari kebutuhan untuk mengangkat karies dan melakukan penambalan pada gigi. Penting untuk dicatat bahwa SDF bukanlah sealant, tapi ia menciptakan segel di atas kavitas yang sudah ada​​.

Prosedur Pemasangan Silver Diamine Fluoride (SDF)

Prosedur pemasangan Silver Diamine Fluoride (SDF) di klinik gigi tuh gampang dan cepat. Pertama, dokter gigi bakal menempatkan kapas dekat gigi yang akan diobati biar area sekitar giginya tetap kering. Terus, mereka pake vakum buat menjaga kekeringan itu. Setelah itu, dokter akan olesin cairan SDF ke gigi yang berlubang atau yang perlu perawatan pakai sikat mikro, sambil digosok selama satu menit. Setelah dioleskan, gigi tersebut dikeringkan dengan udara. Dan yang terakhir, dokter menggunakan alat khusus, dental light curing, buat memastikan SDF meresap sempurna ke dalam gigi. Jadi, prosedurnya praktis dan efisien, cocok buat ngatasin masalah gigi berlubang atau mencegahnya jadi lebih parah.

Manfaat Silver Diamine Fluoride (SDF)

  • Menghentikan Karies: SDF itu bagus banget buat menghentikan karies, baik di gigi susu maupun gigi permanen. Plusnya, nggak perlu ngilangin bagian gigi yang masih sehat.
  • Remineralisasi: SDF juga membantu proses remineralisasi pada bagian gigi yang sudah demineralisasi. Ini berarti SDF bisa meningkatkan kepadatan mineral di bagian gigi yang sebelumnya kena karies.
  • Mudah dan Murah: Salah satu kelebihan SDF adalah mudah diaplikasikan, murah, nggak butuh waktu lama, dan nggak ribet soal pelatihan. Cocok banget buat metode non-invasif dalam mengatasi karies.
  • Untuk Banyak Karies: SDF juga cocok nih buat situasi dimana ada banyak karies yang nggak bisa diatasi dengan cara konvensional dalam satu kunjungan dokter. Jadi, SDF bisa menstabilkan kondisi sebelum dilakukan perawatan restoratif konvensional.
  • Antibakteri: SDF mengandung perak dan fluoride yang berfungsi sebagai antibakteri dan mendukung remineralisasi. Peraknya berperan sebagai antibakteri, sedangkan fluoride membantu proses remineralisasi.
  • Mengurangi Sensitivitas Gigi: SDF juga disetujui oleh FDA sebagai agen yang bisa mengurangi sensitivitas gigi. Efektif banget buat mengurangi sensitivitas pada permukaan gigi yang sensitif.
  • Pencegahan Karies: Penelitian menunjukkan SDF bisa mencegah karies akar gigi pada orang dewasa lebih efektif dibandingkan perawatan plasebo. Plus, lebih efektif lagi kalau dikombinasi dengan edukasi kesehatan mulut.

Efek Samping SDF

Efek samping yang sering terjadi ketika menggunakan SDF (Silver Diamine Fluoride) dalam pengobatan gigi adalah munculnya noda hitam yang permanen di bagian lesi karies yang udah diatasi. 

Selain itu, SDF juga punya kemampuan bagus buat menghentikan aktivitas peptidase proteolitik dan mencegah kerusakan kolagen dentin. Hal ini sangat membantu dalam menangani karies tanpa mengganggu bagian pulpa gigi atau menyebabkan fluorosis pada gigi. Namun, perlu diingat, kalau SDF ini langsung diaplikasikan ke pulpa gigi, ada risiko terjadinya nekrosis pulpa, jadi harus hati-hati dalam penggunaannya.

Efek samping lain yang dilaporkan termasuk sakit gigi atau gusi, pembengkakan gusi, pemutihan gusi, dan toksisitas sistemik. Ini berdasarkan kuesioner yang diisi oleh orang tua pasien dalam waktu seminggu setelah aplikasi SDF atau plasebo.

Penting banget nih untuk hati-hati saat menggunakan SDF dan mempertimbangkan faktor-faktor spesifik pasien.

Berapa Harga Silver Diamine Fluoride (SDF)

Di Dental World Official, harganya beragam, mulai dari sekitar US$65 sampai US$150, tergantung promonya dan ukurannya. Trus, di Tokopedia, ada yang jual SDF LAB dengan harga Rp25.500 untuk 1 gram dan Rp2.550.000 buat 100 gram. Nah, kalau di Shopee Indonesia, ada produk Cariestop – Silver Diamine Fluoride yang dijual dengan harga Rp530.078. Jadi, kamu bisa pilih sesuai kebutuhan dan budget kamu. Tapi inget ya, harga bisa berubah-ubah tergantung penjual dan stoknya, jadi baiknya cek dan bandingin dulu harga di beberapa tempat sebelum beli.

Siapa yang Sebaiknya Tidak Menggunakan SDF

Orang-orang yang tidak sebaiknya menerima perawatan Silver Diamine Fluoride (SDF) adalah mereka yang memiliki alergi terhadap perak, luka atau area yang sakit di mulut, atau yang khawatir tentang noda pada gigi yang rusak. Kalau ada pertanyaan lebih lanjut tentang perawatan SDF, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter gigi Anda.

Leave a Reply